Suka Makan Donat, Sekarang Sukses Dari YouTube

Berawal dari kesenangan menikmati donat, Nurul Khatimah dan suaminya, Fiqih Nuari akhirnya lebih memilih menjadi penjual donat.

Dengan brand Jaico Donat, mereka memanfaatkan sosial media untuk pemasaran.

Saking sukanya pada donat, Nurul dan suami membeli cemilan tersebut dari yang dijual di pinggir jalan sampai keliling mal.

Karena penasaran kenapa rasa donat itu bisa enak, akhirnya ia memutuskan membuat donat sendiri pada tahun 2014.

Resepnya diambil dari internet yaitu resep donat kentang.

Di tahap awal ia mengalami kesulitan karena tidak punya pengalaman sama sekali dalam membuat donat dan akhirnya donat yang dibuat hasilnya tidak memuaskan, tidak sama seperti yang biasanya dibeli.

"Dalam waktu sebulan kami terus mencoba membuat donat dengan mencoba berbagai resep, dan banyak membaca tutorial tentang donat, dan juga banyak menonton video dari YouTube untuk belajar akhirnya membuahkan hasil," ujarnya kepada Tribunpontianak.co.id, Kamis (21/1/2016).



Dijelaskannya dari hasil belajar tersebut ia memberanikan jualan di pasar tradisional dengan harga Rp 1.000 per potong.

Ternyata respon pasar sangat positif sehingga mulai awal Januari 2015 ia dan suami sudah mulai jualan dengan cara menitip di tempat penitipan kue dan sekolah dengan harga masih Rp 1.000.

Seiring waktu, di bulan keempat di tahun 2015 baru ia mempromosikan produk melalui sosmed seperti Facebook dengan nama Jaico Donat.

Setelah melewati berbagai macam proses pembuatan akhirnya ia mendapatkan resep yang pas, dan belajar berbagai macam topping donat yang baik dan jadilah produk donat yang seperti dijual melalui online seperti FB dan BBM dengan bentuk dan harga yang sudah berkelas.

"Di awal kami tidak menyangka jika produk kami ternyata diterima dengan baik oleh pelanggan. Bahkan sudah ada pelanggan yang dalam 1 bulan memesan berkali-kali," terang wanita kelahiran 20 Agustus 1996 ini.

Menurutnya saat ini donatnya sudah variatif dengan aneka topping seperti rasa coklat variasi, strawbbery variasi, vanilla blueberry, coklat keju, meses cokelat.

Harga Jaico Donat per paketnya atau per kotak dengan isi 6 potong donat dibanderol Rp 15 ribu.



Harga itu menurutnya belum termasuk ongkos kirim (ongkir). Kecuali di area Sungai Raya Dalam dan sekitarnya bebas ongkir.

Untuk proses produksinya dan delivery, karena belum memiliki karyawan, ia dan suami yang melakukan itu semua.

Untuk tempat produksi juga masih di rumahnya yang beralamat di Jalan Prasetya GG Harum Manis, Kompleks Korpri, Sungai Raya Dalam, Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Terkait omzet, per bulan saat ini ia sudah mengantongi sebesar Rp 9 juta.

Jika dihitung per hari ia mampu menjual sebanyak minimal 20 kotak. Dijelaskannya pula keunggulan dari produknya yaitu tidak memakai zat pengawet.

Kemudian harapan ke depan ia bisa memiliki gerobak yang unik agar bisa stay dalam penjualan dan memudahkan pembeli di luar sosmed.

Baca Cara Membuat Donat Kentang

"Kami tidak memakai pengawet, dikarenakan banyak pelanggan kami yang membeli adalah ibu rumah tangga. Kue tersebut biasnya oleh ibu-ibunya diberikan ke anak- anaknya. "

"Walaupun donat nya hanya bisa bertahan paling lama dua hari tidak mengapa, asal aman dikonsumsi untuk anak-anak," katanya.

0 Response to "Suka Makan Donat, Sekarang Sukses Dari YouTube"

Posting Komentar